Nama : Sara Yunita
NPM/Kelas :16516831/1PA05
Sejarah Singkat Psikologi
Hasil penelitian membuktikan terdapat kesamaan antara praktek pengajaran kuno dengan pengajaran modern dewasa ini. Hal ini diperkuat dengan beberapa pendapat yang di kemekukakan para ahli, diantaranya :
- Fromm -> "Anak selalu mempunyai rasa ingin tahu &dalam mencari pemecahan (belajar)."
- Plato -> "Dalam bukunya Republica anak tidak bisa dipaksakan belajar, mereka akan menemukan bentuknya sendiri."
- Democritus -> "Pentingnya pengaruh lingkungan & suasana rumah terhadap kepribadian."
- Plato & Aristoteles -> "Mengembangkan sistem pendidikan bagi kelompok masyarakat yang berbeda-beda.
~Pengantar~
*Psikologi Pendidikan ~> Psikologi Terapan
Psikologi Terapan ~> Psikologi yang mengajarkan bagaimana proses belajar yang ilmiah & dilihat dari tingkah laku.
- Pendidikan Informal -> Relatif tidak disadari, kemudian menjadi kecakapan & sikap hidup sehari-hari.
- Pendidikan Formal -> Pendidikan yang disengaja dengan tujuan & bahan ajar yang tegas dan klasifikasi.
- Pendidikan Non-formal -> Pendidikan yang dilakukan sengaja tetapi tidak memenuhi syarat pendidikan formal.
Dalam Pendidikan Informal anak akan memperoleh ;
- Pengetahuan tentang lingkungan sekitar.
- Kontrol (pengendalian) gerak yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pribadi.
- Keterampilan bahasa.
- Pengertian tentang hubungan pribadi & kelompok.
Pendidikan merupakan suatu proses individualisasi sosialisasi ;
- Mengembangkan potensi semaksimal mungkin.
- Mencakup segala bentuk aktifitas yang akan memudahkan individu dalam kehidupan bermusyarakat.
Pendidikan merupakan suatu hasil ;
- Menghasilkan perubahan dari keterampilan.
- Segala perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi dari partisipasi individu dalam kegiatan belajar.
~Definisi Psikologi Pendidikan~
- Croco & Croco (1989) ~> Merupakan suatu ilmu terapan yang menjelaskan hal-hal tentang belajar secara ilmiah.
- Barlow (1985) ~> Seperti sistem yang memberikan suatu proses untuk pembelajaran seseorang diibaratkan sebagai guru atau vasilitator.
- Tardif (1987) ~> Suatu bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha pendidikan.
- Hendro P & Indra P (1997) ~> Aplikasi atau penerapan dari hasil-hasil penelitian psikologi. Merupakan suatu ilmu yang mempelajari sistematik perkembangan anak didik dalam setting pendidikan.
- John Amos Comenius ~> Orang pertama yang melakukan penyelidikan terhadap anak. Anak adalah individu yang sedang berkembang bukan orang dewasa mini.
- Rousseau ~> Mendasarkan ide-ide pendidikan atas dasar prinsip-prinsip perkembangan manusia.
- John Locke ~> Teori tabularasa atau kertas putih
~Metode-metode dalam Psikologi Pendidikan~
- Intropeksi ~> Melakukan pengamatan kedalam diri sendiri yaitu dengan melihat keadaan mental pada waktu tertentu.
- Observasi ~> Kegiatan melihat sesuatu diluar diri sehingga yang diperoleh merupakan data overt behaviour (perilaku yang tampak)
- Metode Klinis ~> Digunakan untuk mengumpulkan data secara lebih rinci mengenal perilaku penyesuaian dari kasus perilaku-perilaku menyimpang.
- Metode Diferensial ~> Digunakan untuk meneliti perbedaan-perbedaan individual yang terdapat di anak didik. Menggunakan berbagai macam teknik pengukuran (contoh : tes, angket,dsb) serta menggunkan statistika untuk menganalisis.
- Metode Ilmiah ~> Merupakan prosedur sistematik dalam memecahkan permasalahan dan merupakan suatu pendekatan objektif yang terbukan untuk dikritik, dikonformasikan, dimodifikasi atau bahkan mungkin ditolak kebenarannya oleh penelitian berikutnya.
- Metode Eksperimen ~> Melakukan pengontrolan secara ketat terhadap faktor-faktor atau variable-variabel yang diperkirakan dapat mencemari atau mengotori hasil penelitian.
~Integlegensi~
Sejarah Intelegensi
Wund (Jerman), Galton (Inggris), Cattel (AS) ~> tes untuk anak-anak. Hasilnya:ada perbedaan ketepatan dan kecepatan individu dalam mengerjakan tes.
Pra 1800-an ~> tes hanya untuk mengukur satu kemampuan.
1880 ~> Ebbinghause menemukan berbagai tes memori.
Alfred Binet & Theopile Simon ~> Membedakan intelegensi anak normal dengan anak lemah pikir ~> Tes Binet-Simon
Pengertian Intelegensi
TERMAN ~> Suatu kemampuan untuk berpikir berdasarkan atas gagasan yang abstrak.
BINET ~> Intelegensi mencakup 4 hal yaitu:pemahaman, hasil penemuan, arahan dan pembahasan.
STREN ~> Kapasitas umum dari individu yang secara sadar dapat menyesuaikan jiwa yang umum dengan masalah dan kondisi hidup baru.
THORNDIKE ~> Daya kekuatan respon yang baik dari sudut pandang kebenaran dan kenyataan. Tiga aspek intelegensi: ketinggian, kelulusan, dan kecepatan.
Teori-teori Intelegensi
THURSTONE
~> Intelegensi beroperasi pada empat tingkat trial & error yaitu :
- Perilaku nyata (trial & error)
- Perseptual (trial & error)
- Ideational
- Konseptual -> dijadikan acuan bagi pengukuran intelegensi.
- Verbal Comprehention (V)
- Number (N)
- Spatial Relation (S)
- Word Fluency (W)
- Memory (M)
- Reasoning (R)
Pengukuran Intelegensi
>KUALITATIF ~> Perbedaan intelegensi disebabkan karena kualitas individu yang berbeda.
>KUANTITATIF ~> Perbedaan intelegensi disebabkan karena terdapat perbedaan kuantitas individu.
ALFRED BINET
> TES STANFORD BINET
DAVID WECHSLER
~> Wechsler-Bellevue Intellegence Scale (1939)
~> Wechsler Intellegence for Children (1949)
~> Wechsler Adult Intellegence Scale (1955)
~Terimakasih~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar